Artikel, Program Gratis, Konsultasi & Pemesanan Program…

Belajar VB n Persiapan TA…

Tool System

AlL about Normalisasi., Struktur Kode., Hipo ., Flowchart.. dll.
yuks dibahasi dimari…

Apasih Program Itu???

Menurut Sugiyono (2005:3) “Program merupakan sederetan instruksi atau pernyataan yang disusun menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah yang disusun secara logis dan sistematis untuk menyelesaikan masalah dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer”.

Instruksi tersebut berfungsi untuk mengatur kegiatan apa saja yang dilakukan oleh komputer agar dapat menghasilkan sebuah output yang diharapkan.

————————————————————–

Tool System.

Dalam pembuatan suatu model sistem, selalumemerlukan alat bantu untuk merancang suatu sistem secara struktural dan aktual. Alat bantu tersebut juga untuk mengurangi kerumitan koordinasi dan komusikasi.

Oleh karena itu Mudah Belajar VB memberikan penjelasan secara teoritis tentang peralatan pendukung dari perancangan sistem diantaranya adalah normalisasi, struktur kode, hipo dan flowchart.

————————————————————–

A. Normalisasi

Menurut Gane dan Sarson dalam Jogiyanto (2005: 403) “Normalisasi adalah proses pengorganisasian file untuk menghilangkan grup atau elemen yang berulang-ulang”. Proses normalisasi merupakan proses pengelompokan elemen data menjadi tabel-tabel yang menunjukan entity dan relasinya. Database dengan struktur hubungan yang ditunjukan dengan normalisasi ini dapat digambarkan dalam bentuk tabel dua dimensi.

Adapun tujuan dari normalisasi adalah untuk memudahkan disaat ingin melakukan pembacaan dan pembaharuan database. Semakin baik pembuatan normalisasi, maka semakin baik pula rancangan databasenya.

Ada beberapa key yang biasa digunakan untuk proses normalisasi, yaitu sebagai berikut:

– Kunci Primer (Primary Key)
Adalah suatu atribut yang tidak hanya dapat mengidentifikasikan secara unik sutu kejadian secara spesifik, tetapi juga mewakili setiap kejadian dari entitas atau field yang mengidentifikasikan record dalam file yang bersifat unik

– Kunci Calon (Candidate Key)
Kunci calon adalah satu atribut atau set minimal atribut yang mengidentifikasikan secara unik untuk setiap kejadian yang spesifik dari entity. Jika satu kunci berisi lebih dari satu atribut, maka biasanya disebut sebagai Composite Key (kunci campuran atau gabungan) .

–  Kunci Tamu (Foreign Key)
Kunci tamu adalah satu atribut yang melengkapi satu relationship (hubungan yang menunjukan keindukannya). Kunci tamu ditempatkan pada entri anak dan sama dengan kunci primer, induk kunci direlasikan. Hubungan antara entity induk dengan anak adalah hubungan satu lawan banyak (one to many reletionship).

dan masih banyak lagi…

Proses normalisasi memiliki beberapa tingkatan dan penjabarannya sebagai berikut:

1. Bentuk Tidak Normal (Unnormalized Form)
Bentuk ini merupakan kumpulan data yang akan direkam, tidak mengikuti suatu format tertentu, dapat saja data tidak lengkap atau terduplikasi. Data dikumpulkan apa adanya sesuai dengan kedatangannya.

2. Bentuk Normal Kesatu (1NF atau First Normal Form)
Bentuk normal kesatu mempunyai ciri yaitu setiap data dibentuk dalam flat file (file rata atau datar). Data dibentuk dalam satu record demi satu record dan nilai dari field berupa  Atomic Value. Tidak ada set atribut yang berulang-ulang atau atribut yang bernilai ganda. Tiap field hanya satu pengertian, bukan merupakan kumpulan kata yang mempunyai arti mendua, artinya satu arti saja dan juga bukanlah pecahan kata-kata sehingga artinya lain.

3. Bentuk  Normal Kedua (2NF atau Secondary Normal form)
Bentuk normal kedua mempunyai syarat yaitu bentuk data telah memenuhi kriteria bentuk normal kesatu. Atribut bukan kunci haruslah bergantung fungsi pada kunci utama. Sehingga untuk membentuk normal kedua haruslah sudah ditentukan kunci-kunci field. Kunci field haruslah unik dan dapat mewakili atribut lain yang menjadi anggotanya.

4. Bentuk Normal Ketiga (3NF atau Third Normal Form)
Untuk normal ketiga, data haruslah dalam bentuk normal kedua dan semua atribut bukan primer tidak punya hubungan yang transitif. Artinya semua atribut bukan kunci haruslah bergantung hanya pada kunci utama secara menyeluruh.

Sekarang., kita mulai memahami contoh nyatanya yahhh., maaf Mudah Belajar VB hanya memberikan contoh normalisasi bentuk kedua dan ketiga aja., pasti banyak yg bingung di bagian ini kan???😀

Yuks dimulai… perhatikan contoh gambar dibawah ini:Gambar diatas adalah normalisasi bentuk ke 2 dalam kasus pelayanan jasa dental klinik XYZ.

Bentuk Normal Kedua (2NF)

Bentuk Normal Kedua (2NF)

Perhatikan garis hubungan/relasi antar tabel yg ada.

relasi dibedakan menjadi 2. yg pertama adalah relasi One to One (garis dengan 1 panah)
dan yg kedua adalah One to Many (garis dengan 2 panah)
Maksudnya adalah seperti apakah huungan antar tabel tersebut dalam konteks alur nyatanya.

Kita ambil contoh hubungan yg terjadi antar tabel pasien dan tabel transaksi.
yang digunakan disana adalah relasi One to One. karena., dalam 1 no transaksi (acuan tabel dokter dengan notrans sebagai kunci utamanya) hanya akan ada 1 Pasien disana (misal Pasien A)
tidak mungkin dalam 1 notrans (no Kwitansi Pembayaran) terdapat 2 nama pasien. maka relasi tersebut mutlak menggunakan One to One relation.

Contoh kedua perhatikan tabel Layanan dan tabel Transaksi.
disana terlihat One to Many dalam hubungan dan relasinya. karena., dalam 1 notrans/no Kwitansi bisa ditulis lebih dari 1 layanan.
contoh “Kwitansi untuk pembayaran Pembersihan karang, Penambalan 1 gigi dan pemutihan gigi”

Terkadang pemahaman orang/dosen tentang normalisasi berbeda-beda., mungkin ada beberapa yg tidak setuju dengan pembahasan diatas (termasuk saya., he…)
bahwasanya normalisasi digambarkan terkantung dari mana cara membacanya/acuannya.misal:
dalam relasi antara tabel pasien dan transaksi “BISA DIKATAKAN” One to Many., kenapa???
kalo pengertiannya kita balik., lho pasien kan bisa ada di beberapa notrans/no kwitansi!!!
kalo pasiennya datang berkali2… hayoo…🙂

Muncul pertanyaan., kalo pake cara begitu., bisa dibilang relasi yg terjadi dalam kasus diatas semuanyha adalah One to Many??? saya menjawab Iyea…
Lalu seperti apa dong contoh relasi One to One yg sebenarnya??? Seperti ini:
Bayangkan relasi antara tabel Calon Siswa dengan Primary Key No_peserta (ceritanya belum diterima., jadi baru mau daftar aja., he) dengan tabel Transaksi Pembayaran (Pendaftaran Masuk Sekolah)
yg terjadi disana adalah relasi One to One yg sesungguhnya., karena 1 notrans hanya ada 1 no peserta. dan no peserta tidak akan ada di notrans yg lainnya…🙂

Pemahaman dosen tentang normalisasi berbeda2., jadi.., pahamilah dosen seperti apa yg kalian dapat, terkadang itu jauh lebih penting dari pada memahami bagai mana normalisasi itu sendiri. hehehehe…

Berikut adalah contoh gambar normalisasi bentuk ke-3 (3NF)

Bentuk Normal Ketiga (3NF)

Bentuk Normal Ketiga (3NF)

Yang membedakan antara bentuk normal kedua dan ketiga adalah adanya tabel detail yang berlerasi dengan tabel layanan. Fungsi tabel detail adalah menampung macam2 layanan yang ada dan mengacu pada 1 nomer transaksi. One to Many disini adalah 1 nomer transaksi bisa menampung banyak layanan. dan (perhatikan tabel transaksi-tabel detail-tabel layanan).

Pada tabeltransaksi mutlak menggunakan relasi One to One., karena sifat pada field notrans yg di primary key., sesampainya pada tabel detail., baru notrans dapat digandakan., karena sifat fieldnya yg Foreign Key. dan nomor transaksi yg bisa digandakan tersebut bisa mewakili jenis2 layanan yang telah dipilih.

Mudah bukan…???🙂

————————————————————–

B. Struktur Kode

Menurut Jogiyanto (2005:384) “Kode digunakan untuk mengklasifikasikan data, memasukkan data ke dalam komputer dan untuk mengambil bermacam-macam informasi yang berhubungan dengannya”. Kode dapat berupa kumpulan angka, huruf dan karakter khusus

Syarat pembuatan kode:
1. Harus mudah diingat
2. Harus unik
3. Harus fleksibel
4. Harus efisien
5. Harus distandarisasi
6. Harus Konsisten
7. Jangan Menggunakan Spasi

Tipe dari kode:
1. Kode Mnemonik
2. Kode Urut
3. Kode Blok
4. Kode Group
5. Kode Desimal
6. Kode Barang

Contoh Struktur Kode:

Kode Dokter

X X 9 9 9

(2 digit kode keterangan, 3 digit No. Urut)

Contoh:

K D 0 0 1

Keterangan:     KD = Kode Dokter001 = Nomor Urut DokterJadi., misal Kode dokter: KD001. Nama dokter: Drg. Arnov Novian.. Kode dokter tersebut mutlak di primary key., untuk menghindari kesamaan antara suatu kode dengan beberapa nama dokter yang ada…
Mudah bukan…???😀


C. HIPO
D. Flowchart

Menyusul yahhh…😀

Tags:
HOME
TOOL SYSTEM
PROGRAM GRATIS
KUMPULAN PROGRAM
PEMESANAN PROGRAM
HUBUNGI KAMI

8 Komentar

    Trackbacks

    1. Membuat Login Sederhana (1) « Artikel, Program Gratis, Konsultasi & Pemesanan…
    2. Membuat Kalkulator Sederhana « Artikel, Program Gratis, Konsultasi & Pemesanan…
    3. Mengenal Database. Membuat Program Nomer Antrian « Artikel, Program Gratis, Konsultasi & Pemesanan…
    4. Download Active-X-Control « Artikel, Program Gratis, Konsultasi & Pemesanan Program…
    5. Cara Mudah Membersihkan Isi TextBox « Artikel, Program Gratis, Konsultasi & Pemesanan Program…
    6. Tips Memilih Judul Tugas Akhir (TA) « Artikel, Program Gratis, Konsultasi & Pemesanan Program…
    7. Download Kumpulan Icon Menarik « Artikel, Program Gratis, Konsultasi & Pemesanan Program…
    8. Men-setting Pengisian TextBox Hanya Dengan Angka « Artikel, Program Gratis, Konsultasi & Pemesanan Program…

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: